Tetelo Tengleng Gedeg Kepala Melintir Pada Merpati

Tetelo Tengleng Gedeg Kepala Melintir Pada Merpati atau bahasa kerennya disebut dengan penyakit Newcastle Disease (ND) adalah salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar penghobi merpati. Dalam artikel kali ini saya akan coba sharing pengalaman Raptor Pigeons Farm dalam mengelola kurang lebih 200 ekor burung merpati milik kami yang berada di 3 tempat berbeda. Alhamdulillah dengan cara yang mudah dan murah, merpati kami tidak pernah lagi terserang penyakit yang satu ini.

Tetelo Tengleng Gedeg Kepala Melintir Pada Merpati

 Penyebab Newcastle Disease

Penyakit ini disebabkan oleh VIRUS yaitu paramyxovirus dari serotype grup 1.

Cara penularan Newcastle Disease

Virus ini sangat menular dan menyebar dengan sangat cepat keseluruh tubuh melalui sel-sel darah merah. Penularannya dapat melalui kotoran merpati, kontak langsung lewat cairan hidung, melalui udara atau barang-barang yang terkontaminasi seperti sandal/sepatu yang ada dikandang, makanan yang terinfeksi (muntahan) dan kandang tempat burung yang sakit. Virus ini juga dapat menembus kulit telur sehingga menginfeksi embrio. Virus ini dapat bertahan hidup diluar hewan yang terinfeksi selama beberapa minggu dalam lingkungan yang hangat dan lembab. 

Tanda-tanda penyakit Newcastle Disease

Masa inkubasi (waktu dari mulai tertular sampai dengan terlihat sakit) adalah 4 hingga 7 hari. Tanda – tanda yang umum ditemukan adalah sebagai berikut :

  1. Flu (snot)
  2. Terlihat susah bernafas
  3. Diare, biasanya kotorannya cair dan berwarna hijau khas tanpa ada kotoran putih. Bau kotorannya ampun dah L
  4. Depresi atau sebaliknya (hiperaktif)
  5. Bermasalah dengan keseimbangan terutama pada kepala dan leher
  6. Lemas
  7. Kelumpuhan parsial atau total

Terjadinya tanda – tanda diatas dapat secara bertahap sampai dengan kematian mendadak. Tanda – tanda yang terlihat dapat sangat bervariasi tergantung pada strain virus.

Teringat beberapa tahun yang lalu ketika kandang Raptor terserang penyakit ini, benar-benar horor (begitu kami menyebutnya) ketika akan beraktifitas dikandang. Yang terbayang dibenak saya ketika itu adalah :

  1. Yang mana yang tertular kali ini?
  2. Berapa lagi yang mati?
  3. Harus menyiapkan makanan lembut & menyuapinya
  4. Harus memberikan vitamin & obat-obatan lainnya untuk yang mulai tertular
  5. Dst dst … semua kemungkinan terburuk berkecamuk dikepala, pusssiiiinnng & capek sekali rasanya. Asli … capeknya minta ampun kalau sudah terserang ND booossss …

Sampai sejauh ini TIDAK ADA OBAT bagi penyakit yang disebabkan oleh VIRUS. Untuk dapat bertahan hidup, merpati hanya mengandalkan kekebalan tubuhnya sendiri.

Merpati yang dapat bertahan biasanya akan menjadi tengleng. Jadi tengleng itu kondisi dimana serangan virus ND sudah dapat diatasi oleh tubuh merpati tetapi harap diingat bahwa merpati yang sudah pernah terserang penyakit ND dan selamat, berpotensi sangat besar menjadi carrier virus ND.

Yang artinya masih dapat menularkan penyakit ND suatu saat nanti, jadi bagaikan menyimpan bom waktu dikandang.

Oleh karena itu kami tidak mau mengambil resiko tersebut dan dengan berat hati langsung mengeliminasi merpati yang sudah pernah terserang ND.

Langkah terbaik untuk terhindar dari penyakit ND adalah melalui pemberian VAKSIN (vaksinasi). Dan ternyata vaksinasinya sangat MUDAH & MURAH sekali KAWAN !!

 

Ikuti langkah – langkah berikut ini agar merpati Anda terhindar dari horor yang diakibatkan oleh serangan penyakit ND :

  1. Beli Vaksin Medivac ND La Sota

 

Vaksin ini sebenarnya diperuntukkan untuk ayam tapi telah terbukti dan teruji bekerja SANGAT BAIK pada merpati.

Vaksin ini dapat dibeli di toko-toko pakan ayam dan akan dikemas bersama dengan es batu.

Vaksin harus segera digunakan dalam waktu kurang dari 2 jam atau langsung disimpan dalam lemari es (tempat menyimpan sayuran, bukan difreezernya) setibanya ditempat tujuan apabila akan dipergunakan dalam waktu lebih dari 2 jam.

Anda akan mendapatkan persis seperti gambar diatas.

Dus kecil berwarna coklat berisi materi padat dalam botol kaca. Vaksin akan aktif apabila materi padat tersebut tercampur dengan materi cair berwarna biru yang terlihat pada gambar.

 

Cara mempersiapkan vaksinnya adalah sebagai berikut :

  1. Tuangkan cairan biru kedalam botol kaca lalu goyang-goyang supaya tercampur secara merata.
  2. Kembalikan lagi campuran yang telah merata tersebut kedalam botol plastic
  3. Ganti tutup botol plastik yang berwarna hijau (lihat gambar) dengan tutup botol bewarna bening yang ada lubang diujungnya. Tutup botol plastik berlubang ini akan disertakan juga (tidak terlihat digambar). Dapat dipakai untuk menyelesaikan langkah a diatas.

Akan lebih baik apabila ditanyakan juga ke toko tempat belinya mengenai cara – cara penggunaannya vaksin ini.
Harganya di Bandung berkisar Rp. 8.300,- s.d 9.500,- dan dapat dipergunakan untuk 50 ekor merpati !!

Cara penggunaannya adalah ditetes langsung ke salah satu mata merpati. Botol plastiknya tidak perlu ditekan karena akan terlalu banyak yang keluar nantinya, cukup dimiringkan saja lalu cairan yang keluar ditempelkan ke mata merpati. Tunggu sampai warna cairan biru di matanya hilang terserap sempurna. Merpati biasanya akan mengedip – ngedipkan matanya ketika cairan tersebut mengenai matanya. Bisa dikroscek dengan cara membuka paruh merpati, dinding atas mulutnya akan berwarna biru. Itu menunjukkan bahwa vaksin sudah masuk.

 

  1. Waktu Pemberian & Pantangan
    1. Jangan berikan pada merpati yang sedang dalam kondisi giring dan akan dilatih.
      Untuk merpati yang sudah rutin dilatih/dilombakan, waktu pemberian terbaiknya adalah ketika akan bertelur dan sudah tidak akan dilatih lagi keesokan harinya (istirahat/angrem).
      Vaksinasi ini dapat menyebabkan stress pada merpati sehingga sangat dianjurkan untuk memberikan MULTIVITAMIN setiap hari setelah pemberian vaksin sampai dengan waktu cabut telur agar kondisinya cepat pulih kembali seperti sediakala. Multivitamin yang biasa kami gunakan adalah multivitamin konsentrasi tinggi yang diproduksi khusus untuk merpati yaitu VITAREST. Silahkan langsung kontak kami apabila memerlukan produk yang satu ini. Pin bbm D96D851C, WA : 0878 8017 9717. Dari pengalaman kami, gejala stressnya tidak dapat dilihat secara kasat mata, merpati akan tetap terlihat sehat seperti biasanya tetapi apabila diterbangkan akan terlihat kurang bergairah, stut berkurang dan seterusnya. Efek pemberian vaksin akan terlihat setelah 2-3 hari. Yang paling mudah dilihat adalah warna hidung yang semakin memutih.
    2. Jangan berikan pada merpati yang sakit.
      Pemberian vaksin pada merpati yang sakit dapat menyebabkan KEMATIAN !! Langkah terbaik yang harus dilakukan dalam kondisi ini adalah obati dulu lalu langsung vaksinasi apabila telah sehat. Kotoran yang padat dan tidak menyebabkan kandang becek adalah salah satu indikasi bahwa merpati kesayangan kita dalam kondisi sehat.

 

JANGAN TUNDA UNTUK MELAKUKAN VAKSINASI ND PADA MERPATI ANDA

Lakukan sesegera mungkin karena virus ND dapat menyerang kapan saja. Jangan sampai menyesal karena terlambat memberikan vaksin ini, bisa habis 1 kandang booosss hiks hiks …

Mudah – mudahan artikel yang masih jauh dari sempurna ini ada manfaatnya untuk rekan – rekan semua. Masukkan dari rekan – rekan semua sangat saya nantikan untuk menyempurnakan artikel ini.

SALAM BEKUUURRRRR …..

Raptor Pigeons Farm

www.merpatikolongan.com

TEMUKAN SAYA DI

BBM dengan PIN D96D851C

WA +6287880179717

Line @raptorpigeons

Follow saya di Twitter @raptorpigeons

Follow saya di Facebook Raptor Pigeons Farm