Ciri-ciri Merpati Tinggian Kolongan Super Lengkap

Ciri – ciri merpati tinggian kolongan super yang baik, khususnya untuk digunakan dalam permainan merpati kolongan selalu menjadi topik yang hangat dibicarakan belakangan hari ini karena perlombaan merpati kolongan semakin marak digelar disetiap daerah untuk menghasilkan MERPATI TINGGI JUARA.

Sebelumnya ada 1 hal penting yang penulis ingin ingatkan kepada para pembaca bahwa tulisan ini tidak disarankan untuk dijadikan sebagai satu-satunya acuan baku bagi para penghobi merpati tinggi untuk memilih merpati jagoannya. Silahkan terus menggali informasi dari berbagai sumber lainnya karena sangat banyak referensi – referensi lain yang tentunya akan dapat saling melengkapi dengan tulisan ini sehingga pembaca dapat memperoleh gambaran yang lebih lengkap dalam memilih merpati tinggian.

Pengamatan yang penulis lakukan sangatlah terbatas karena hanya dilakukan dalam skala yang sangat kecil untuk dapat ditarik kesimpulan sehingga menghasilkan nilai akurasi yang lebih tinggi. Pengamatan hanya dilakukan dikandang sendiri terhadap merpati yang sangat terbatas jumlahnya dan pada merpati-merpati yang sering bermain & bertanding di lapang kolongan meja Pasir Layung, Bandung Jawa Barat tetapi besar harapan kami tulisan ini dapat bermanfaat bagi sesama penghobi dalam memilih merpati tinggi yang baik.

Foto merpati tinggian kolongan super, akil ring raptor 111

Ciri – ciri merpati tinggian yang bagus/baik telah menjadi bahan perdebatan klasik yang dapat dikatakan tidak akan pernah ada ujungnya tetapi tentu saja sangat mengasyikkan untuk di diskusikan bersama kawan-kawan sehobi pada saat sedang berkumpul bersama. Setiap penghobi merpati tinggian dapat dipastikan mempunyai pengalaman dan pendapatnya masing – masing mengenai ciri – ciri fisik merpati tinggian yang baik. Perbedaan – perbedaan tersebut yang menyebabkan dunia hobi merpati tinggian di Indonesia menjadi sangat menarik dan penuh tantangan.

Sebelum sampai pada pembahasan mengenai ciri-ciri merpati tinggian yang baik,  ada baiknya dikategorikan terlebih dahulu berdasarkan pada tempat memilih dan membelinya :

  1. Merpati yang dibeli dari pasar burung/keramba, yang dapat dikatakan 90% tidak jelas asal usulnya terkecuali ring perternaknya masih terpasang & ada nomer telepon yang dapat dihubungi.
  2. Merpati yang berasal dari pasar tetapi sudah dilatih dilapang sehingga dapat dilihat secara langsung kinerjanya.
  3. Merpati yang merupakan hasil ternak yang dibeli langsung dari peternaknya

Ciri –  ciri merpati tinggian kolongan super yang baik dari ketiga tempat tersebut diatas tentu saja akan memiliki kemiripan satu dengan lainnya tetapi sudah barang tentu akan mempunyai perbedaan-perbedaan.

Mari kita bandingkan merpati dari poin 1 & 2. Keunggulan merpati dari poin 1 adalah tentu saja masalah harganya, biasanya harganya akan lebih murah dibandingkan dengan merpati dari poin 2 yang sudah terlihat (enak) kinerjanya dilapangan dalam artian sudah stabil kolong, tidak pernah ketinggalan oleh gandengannya atau bahkan terkadang meninggalkan gandengannya ketika gandengannya terlalu lama berputar-putar ditempat lepasan dan yang terakhir adalah mau turun & landing dengan baik ketika digeber, baik posisi terbang solo ataupun gandeng. Dalam kata lain bahwa keuntungan yang kita dapat jikalau membeli merpati dari poin 2 adalah dapat meminimalkan biaya, tenaga & waktu dalam melatih merpati dari poin 1 sehingga kinerjanya menjadi seperti merpati dari poin 2. Itupun seandainya proses latihannya berjalan mulus sehingga menghasilkan merpati dari poin 1  kinerjanya menyamai atau bahkan lebih baik dari merpati poin 2.

Untuk merpati dari poin 1 dan poin 3 apabila diperbandingkan, tentu saja kembali lagi poin 1 akan lebih unggul dari segi harga dibandingkan dengan merpati dari poin 3. Dalam hal ini peternak yang dimaksud poin 3 adalah peternak yang sudah beberapa kali membuktikan bahwa hasil ternaknya enak dipakai untuk main dilapang. Dalam hal membeli bahan dari peternak, hitungan biaya untuk latih + tenaga & waktunya akan kurang lebih sama dengan merpati dari poin 1 tetapi ada keuntungan yang didapat dalam melatih merpati dari poin 3. Peternak yang baik akan hapal bagaimana karakter hasil ternakannya dalam proses pelatihan. Hal tersebut akan memberikan gambaran kepada kita bagaimana caranya untuk memaksimalkan kinerja merpati tersebut pada saatnya nanti.

Foto stut Merpati tinggian kolongan super. CENDANA, RING RAPTOR 170 merpati tinggi kolongan meja

Ciri-ciri merpati tinggian yang baik menurut pengalaman penulis dapat dibagi menjadi 3 bagian sebagai berikut :

  1. Katuranggan
    Katuranggan adalah penampakan kesesuaian postur merpati dari kepala (ujung paruh) sampai ujung kaki. Dalam hal ini kita dalam posisi hanya melihat tanpa menyentuh merpatinya. Yang bermain disini adalah naluri/insting dalam melihat postur, warna, gerak-gerik merpati dst. Dengan semakin banyak melihat postur-postur burung baik, otomatis naluri kitapun akan terasah untuk menilai baik tidaknya katuranggan seekor burung.
  2. Anatomi
    Mata :
    Selalu cek kondisi mata terlebih dahulu dalam memilih burung tinggian sebelum melihat/meraba yang lain. PERHATIKAN BAGIAN PUPIL (bulat hitam ditengah). Pupil HARUS! WAJIB! merespon sinar matahari dengan cepat, mengecil ketika dihadapkan kearah matahari. HARUS BENAR-BENAR MENGECIL, jangan hanya mengecil sedikit. Dan akan kembali normal dengan cepat ketika tidak diarahkan ke matahari. Segera tinggalkan merpati yang pupilnya kurang baik, PILIH YANG LAIN.
    Bulu :
    Bulu merpati yang sehat akan terlihat berkilauan pada saat terkena sinar matahari. Untuk bulu basah/kering rasanya tidak masalah karena kami pernah mempunyai merpati dengan bulu basah & kering yang menjadi juara. Ujung bulu/lar merpati tinggian pada umumnya membulat, tidak lancip-lancip. Dari pengalaman kami, merpati yang mempunyai 4 lar terluar dengan selisih panjang mencolok dari lar lainnya akan stabil terbang tinggi.
    Bodi :
    Merpati tinggian yang baik memiliki bodi “njantung” (berbentuk seperti jantung pisang) dan daging yang enak dipegang/lentur agar dapat manuver sekali jadi dari ketinggian ketika digeber oleh betinanya. Biasanya merpati-merpati yang berani terjun dari ketinggian apabila dipegang akan terasa berat didepan.
    Tulang supit :
    Kerangka tulang merpati yang kokoh dapat diraba dari tulang supitnya. Banyak merpati juara dengan stut keras & tidak kapokan ditunjang oleh tulang supit yang keras, yang menggambarkan merpati tersebut memiliki tulang yang kokoh dan kuat.
  3. Mental
    Hal terpenting dalam memilih merpati tinggian yang baik adalah memilih/membeli merpati dengan mental tarung yang baik. Hal-hal tersebut diatas, katuranggan & anatomi, tidak akan bekerja maksimal tanpa didukung oleh mental yang baik. Fakta dilapangan banyak bercerita bahwa banyak merpati yang dalam kondisi sehat, giring maksimal, bentuk bodi baik & daging lentur, mata bagus dsb tetapi tidak berani bermanuver dari ketinggian. Hal tersebut dapat disimpulkan penyebabnya adalah mental tarungnya yang kurang baik. Merpati-merpati dengan mental tarung yang baik sebagian besar sudah berada ditangan peternak untuk dibudi-dayakan untuk dilestarikan keturunannya.

Membeli dengan cara memantau langsung dilapangan adalah cara yang paling baik. Dalam memilih merpati tinggian khusunya untuk bermain kolongan, selalu prioritaskan untuk membeli merpati yang stabil. Percuma memilih merpati yang memiliki stut keras tapi tidak stabil, merpati tersebut akan menjadi bulan-bulanan pada saat lomba.

Untuk melengkapi artikel ini, silahkan lihat koleksi Raptor Pigeons Farm. Disana akan dijumpai bagaimana katuranggan merpati-merpati kami dan dapat dilihat juga bagaimana kinerjanya melalui video-video yang kami rekam dilapangan.

Mendapatkan merpati tinggian dengan kualitas yang baik atau bahkan istimewa, terkadang memerlukan perjalanan yang panjang dan biaya yang tidak sedikit. Diperlukan tingkat kesabaran yang tinggi dalam hal ini. Selalu jaga silaturahmi sesama penghobi merpati agar kita selalu hepi (baca : gembira) dalam menyalurkan hobi kita ini.

Silahkan baca artikel kami lainnya yang mengupas lebih dalam lagi tentang merpati

  1. Kupas Tuntas Giring Keras Merpati Tinggian Kolongan

  2. Melatih Merpati Tinggi Kolongan secara Efektif dan Efisien

  3. Mengungkap Rahasia Mencetak Merpati Kolongan Juara

  4. 7 ALASAN mengapa MERPATI ANDA perlu VITAREST

SALAM MERPATI INDONESIA !!!