MERPATI ANDA SUSAH/TIDAK STABIL GIRINGNYA??? BISA JADI INI SOLUSINYA

Berbeda dengan merpati pos, merpati kolong dan balap harus giring telebih dahulu untuk dapat dimainkan. Giring yang baik dan stabil merupakan hal yang sangat penting bagi permainan merpati kolong dan balap. Masalah giring ini WAJIB TUNTAS terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.

Masalah yang akan timbul apabila giring tidak baik adalah merpati menjadi takut terhadap lingkungan sekitar karena tidak fokus ke betinanya, landing/turun tidak tuntas, cepat lelah dan bahkan bisa menjadi penyebab hilangnya merpati ketika diterbangkan dst.

 

 

Dari sekian banyak faktor yang mungkin dapat mempengaruhi kualitas giring pada merpati, Saya akan kelompokkan pada 2 hal yang paling mendasar, yaitu :

1. Kondisi kesehatan 
2. Faktor kecocokan pada betinanya

Yuk kita bahas satu persatu ….

KONDISI KESEHATAN

Merpati yang tidak/kurang sehat dapat dipastikan tidak akan maksimal giringnya dan tingkat stress yang tinggi juga termasuk disini. Stress tinggi biasanya terjadi pada merpati yang baru pindah kandang, piyik yang baru akan dijodohkan, merpati dewasa yang diganti betinanya, kondisi lingkungan kandang yang kurang kondusif dst.

Saya rasa sudah pada paham ya bagaimana cara mengobati merpati yang sakit dan menurunkan tingkat stress pada merpati?

Untuk Anda yang tidak sempat mengikuti pembahasan 2 hal diatas, bisa cek linknya dibawah ini

Pengobatan http://bit.ly/produk_enroccine

Untuk mengatasi stress http://bit.ly/produk_vitarest

Faktor KECOCOKAN pada BETINANYA

Pemilihan betina yang tepat adalah hal penting berikutnya.

Baik dari segi warnanya, perilaku kawinnya dan sudah pasti betinanya juga harus dalam kondisi sehat. Jangan hanya memperhatikan kondisi kesehatan jantannya saja.

Cocok atau tidaknya perjodohan sebenarnya mudah sekali dilihat.

Perjodohan yang dikatakan COCOK adalah ketika dalam waktu 2 hari saja setelah dijodohkan atau bongkar telur, giringnya sudah terlihat meningkat pesat .

YA BETUL, 2 HARI SAJA …

Merpati jantan sudah bisa dipale dan mau hinggap diatas betinanya. Bahkan ketika sedang mengerami telurpun masih bisa dipale. Ini salah satu tanda bahwa perjodohannya sudah PAS, COCOK, MANTABS  

Kalau di hari ke-2 perjodohan belum ada tanda-tanda giring, Saya yakin walaupun nantinya akan giring tapi tidak akan sampai pada tingkat MAKSIMAL.

Ini berlaku juga untuk piyik yang baru pertama dijodohkan asalkan kondisi piyiknya tidak giras (liar).

Disarankan untuk melakukan langkah-langkah penjinakkan terlebih dahulu khusus untuk piyik yang baru pertama kali akan dijodohkan.

Memilih betina yang tepat memang tidak mudah, dibutuhkan kesabaran dan kejelian dalam mengamati perilaku merpati jantannya terhadap setiap merpati yang mendekat, baik jantan ataupun betina.

Jauh lebih mudah untuk menjodohkan merpati yang berasal dari peternak yang rajin mencatat. Tinggal ditanyakan warna indukan yang melolohnya saja.

Tapi apakah akan langsung giring baik apabila dijodohkan dengan warna yang sama dengan induk lolohnya? Belum tentu kawan … ada faktor lain yang harus kita perhatikan

Misal, induk lolohnya berwarna coklat dan coklat … biar gampang aja ya permisalannya

Apabila giringnya tidak bagus dengan 1 betina warna coklat, ini bukan berarti tidak cocok dengan warna coklat.

Hal itu biasanya terjadi karena perilaku kawinnya tidak cocok.

Saya sarankan untuk ganti lagi betinanya tetapi tetap dengan yang berwarna coklat.

Nah sekarang bagaimana untuk merpati yang tidak diketahui asal usulnya ?

Seperti yang telah disebutkan diatas, Anda harus jeli dalam MENGAMATI.

Perhatikan dengan seksama reaksi merpati jantan yang akan dijodohkan dengan setiap merpati yang mendekat. Baik itu jantan atau betina.

Sabar adalah kunci utama. Tunggu sampai Anda benar-benar yakin warna yang bagaimana yang menarik perhatian merpati tersebut.

Jangan sampai nantinya terlalu sering mengganti betina, ini TIDAK baik. Sekali lagi Saya ingatkan, SABAR dan amati dengan seksama. Nikmati prosesnya 

Ketika Anda sudah mendapatkan betina yang diinginkan, cek betul kesehatannya terlebih dahulu. Ini wajib dilakukan kepada semua merpati yang berasal dari luar kandang.

Saya selalu melakukan 2 hal ini kepada setiap merpati baru yang masuk kekandang

1. Beri obat cacing, walaupun merpatinya tidak kurus. Silahkan cari obat cacing untuk burung disekitar tempat Anda tinggal atau silahkan cek obat cacing yang Saya rekomendasikan di http://bit.ly/produk_albendos

2. Berikan antibiotik spektrum luas walaupun merpati terlihat sehat http://bit.ly/produk_enroccine selama minimal 3 hari

3. Pemberian vitamin juga sangat dianjurkan untuk menekan tingkat stress pada merpati yang baru pindah kandang http://bit.ly/produk_vitarest

Hal tersebut diatas wajib dilakukan untuk berjaga-jaga, jangan sampai merpati baru datang membawa penyakit yang dapat menular ke seluruh penghuni lama.

Langkah selanjutnya adalah mandi & jemur. Posisi jemur yang baik untuk 2-3 hari pertama perkenalan adalah bersebelahan, jangan atas bawah.

Apabila terlihat sudah saling mengenal dan ada ketertarikan, bisa mulai dijemur atas bawah. Tapi ingat, jantannya diatas hehe .. posisi WOT (woman on top) tidak dianjurkan disini.

Selanjutnya tinggal dijodohkan atau disatukan dalam 1 kandang,

Lebih baik apabila dijodohkan dikandang macan (kandang besar).

Jikalau pakai pegupon, kalau terdengar masih belum akur ketika pintunya ditutup, pisahkan lagi, besoknya baru dicoba lagi.

Setelah berjodoh, pengaturan waktu kawin yang terbaik adalah pada saat atau setelah penjemuran dipagi hari dan setelah makan sore. Jadi 2 waktu kawin dalam 1 hari.

Udah dulu ah, mudah-mudahan tidak kepanjangan. Yang penting adalah ketika mendapatkan satu ilmu baru adalah PRAKTEK lalu EVALUASI hasilnya. Percuma banyak ilmu tapi minim PRAKTEK 

Kalau ada pertanyaan silahkan dikolom komentar dan jangan lupa LIKE & SHARE jika dirasa bermanfaat.

Selamat praktek
Raptor Pigeons
MaBes : https://www.facebook.com/RaptorPigeonsFarm/
Kumpulan video : http://bit.ly/utubchan
Website : www.merpatikolongan.com