Penyakit Infeksi Radang Selaput Lendir Hidung pada MERPATI

Infeksi Radang Selaput Lendir Hidung

Penyakit saluran pernapasan seringkali muncul bersamaan dengan infeksi. Wabah penyakit akibat efek gabungan patogen (parasit yang mampu menimbulkan penyakit pada inangnya) dan faktor-faktor dalam lingkungan kandang yang menurunkan daya tahan tubuh merpati terhadap infeksi.

Patogen:
Asal muasal terjadinya infeksi dibuka oleh mikroplasma dan virus, selain jamur dan trichomonads. Hal tersebut menurunkan daya tahan tubuh merpati dan memicu bakteri patogen seperti pasteurella, cocci und coli bakteri untuk berkembang biak. Patogen sekunder inilah yang memunculkan gejala klinis yang terlihat dan terdengar pada radang selaput lendir hidung (MENGI/NGOROK).
Radang selaput lendir hidung TIDAK SELALU disebabkan oleh patogen. Penyebab yang lebih umum adalaha karena ventilasi udara yang tidak memadai, kekurangan pasokan oksigen, konsentrasi tinggi gas beracun dan debu dikandang. Hal itu dapat menurunkan daya tahan tubuh merpati sehingga membuatnya sangat rentan terhadap infeksi.

Gejala penyakit:
Gejala awal yang terlihat adalah merpati sering bersin dan hidungnya terlihat berair lalu berubah menjadi berwana kuning kecoklatan. Gejala tadi juga disertai dengan tanda-tanda malas makan dan minum dan juga malas terbang. Merpati sering menggaruk kepala dan hidungnya. Ketika paruh dibuka, benang lendir dapat dilihat membentang dari daerah retrolingual (bagian belakang lidah) ke langit-langit. Tanda-tanda klinis tambahan adalah kemerahan dan pembengkakan selaput lendir kerongkongan.
Pada stadium lanjut penyakit, endapan putih-kuningdapat muncul di wilayah laring/kerongkongan. Proses inflamasi/peradangan meluas ke tenggorokan dan saluran pernapasan bawah (kantung udara).

Ciri-ciri yang tampak :
Infeksi radang selaput lendir hidung akan dengan mudah dilihat dari perilaku merpati yang tertular, perubahan inflamasi di daerah kepala (bulu berdiri), saluran pernapasan (ada lendir/basah) dan suara nafas yang khas (mengi). 

Kondisi serupa:
Ornithosis, Trichomoniasis

Penanganan :
Enroccine
Vitarest
Biojanna

 

Tabel Pengobatan :